Sejarah Budaya bangsa Indonesia mulai dari Zaman Prasejarah Hingga Sekarang

Budaya Indonesia Dalam 4 Zaman Besar

Sudah jelas sekali bukan bahwa antara Budaya dan Sejarah sangat berkaitan erat, salah satunya yang terjadi di negara kita. Untuk itu, saya akan mengulas sejarah Budaya Indonesia yang terbagi dalam 4 zaman besar yaitu zaman pra-sejarah, zaman kuno, madya dan modern. Pada posting kali ini saya baru akan jelaskan garis besarnya terlebih dahulu. Sedangkan untuk yang lebih rinci akan diposting lain waktu.

A. Budaya Indonesia Zaman Pra Sejarah

Budaya bangsa Indonesia pada zaman ini terbagai dalam beberapa poin
  1. Zaman Batu
  2. Zaman Logam
  3. Zaman Megalithicum
Sementara keadaan masyarakat Indonesia pada masa ini terbagai dalam 4 poin yaitu :
  1. Zaman Paleolithicum
  2. Zaman Mesolithicum
  3. Zaman Neolithicum, dan
  4. Zaman Logam

B. Budaya Indonesia Zaman Kuno

Budaya bangsa Indonesia pada zaman Kuno lebih dititikberatkan pada hubungan masyarakat di kawasan sekitar asia, yang secara garis besarnya terbagi menjadi :
  1. Hubungan bangsa Indonesia dengan Asia Tenggara
  2. Hubungan bangsa Indonesia dengan Asia Selatan
  3. Hubungan bangsa Indonesia dengan Asia Timur
Sedangkan perubahan bentuk-bentuk kebudayaan pada masa ini tentu sedikit lebih maju dibandingkan pada masa sebelumnya, yaitu
  1. Seni Bangun
  2. Seni Rupa
  3. Seni Sastra
  4. Seni Kriya
C. Budaya Indonesoa pada Zaman Madya

Jika pada zaman sebelumnya, interaksi bangsa Indonesia mencakup 3 wilayah Asia, maka di zaman ini bertambah lagi satu kawasan yaitu Asia Barat. Singkatnya, proses terjadinya hubungan budaya Indonesia dengan Asia Barat melalui pelayaran dan perdagangan.

Adanya interaksi atau hubungan, tentu saja ada perubahan yang terjadi di antara kedua bangsa terutama Indonesia dan ini termasuk salah satu faktor perubahan budaya atau kebudayaan.. Tapi, mengapa saya katakan 'terutama Indonesia'?. Jelas, meski bangsa kita sudah menjalin hubungan dengan bangsa-bangsa Asia waktu itu, namun bisa dikatakan bahwa perubahan Budaya hanya terjadi di satu pihak saja, yaitu pada masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, banyak kebudayaan yang berasal dari Tiongkok atau India yang masuk atau mempengaruhi masyarakat kita waktu, namun budaya bangsa Indonesia waktu itu tidak diketahui seberapa besar pengaruhnya bagi kawasan Asia terutama yang sudah menjalin interaksi.

Pertanyaannya adalah mengapa hanya bangsa kita yang 'diimpor' budaya dari bangsa lain, sedangkan budaya kita tidak bisa 'meninggalkan jejak' di kawasan Asia. Atau apakah bangsa kita waktu itu sama sekali tidak memiliki kebudayaan atau kesenian sendiri yang khas? atau saya sendiri yang memang kurang wawasan?...hehehe

D. Budaya Indonesia pada Zaman Modern

Setelah Asia, di awal-awal zaman modern, bangsa Indonesia mulai menjajaki interaksi dengan bangsa-bangsa Eropa yang juga terjadi melalui pelayaran dan perdagangan. Selain mengenal budaya dan kesenian, di zaman ini bangsa Indonesia lebih maju lagi dalam hal pengetahuan, misalnya politik.

Nah itulah 4 zaman budaya bangsa Indonesia yang sudah saya share garis besarnya. Untuk lebih rinci lagi seperti yang sudah saya sebutkan pada poin-poin di atas, akan saya posting di lain waktu dan kesempatan. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya....
Tag : Budaya, Sejarah
0 Komentar untuk "Budaya Indonesia Dalam 4 Zaman Besar"

Back To Top